Suzuki Satria F150 merupakan salah satu sepeda motor dengan
kecepatan tinggi di kategori moped 4-tak. FU diperlengkapi mesin dengan
teknologi tinggi, volume silinder 147,33 cc, transmisi 6-speed, Double OverHead
Camshaft (DOHC), 4-velve, silinder tunggal, oil-cooled dan beberapa kelebihan
lainnya. Dengan fitur-fitur itu membuat performa FU melampaui moped-moped
lainnya. Sampai didaulat sebagai “the fastest moped.” Ini menjadikan FU
digandrungi oleh para pencinta speed bike di Asia bagian Tenggara, khususnya di
Thailand, Indonesia, Malaysia dan Filipina.
Satria FU masuk ke Indonesia tahun 2004. FU 2004 dan 2005
merupakan CBU dari Thailand. Nanti pada tahun 2007 FU dibuat CKD. Dan
untuk FU yang dirakit di Indonesian sudah dilengkapi dengan e-starter. Tapi
dari beberapa sumber mengatakan kalau FU CKD performanya di-down-grade, jadi
tidak se kencang versi CBU Rider 150 dari Thailand.
Sejarah Singkat Lahirnya Sang Raja Uderbone Di Indonesia
Pada sekitar tahun 2002 sampai 2004 Suzuki Indonesia
mendatangkan RK-Cool 110 ke Indonesia secara CBU dengan price diatas 17 juta-an
rupiah. Wow?? Tapi, walaupun tergolong terlalu mahal untuk ukuran motor bebek
kelas 110cc, penjualan RK-Cool yang mengusung mesin 2-tak ini tetap mendulang
sukses di pasaran Indonesia karena telah memiliki fitur-fitur yang melebihi
motor bebek pada umumnya.
Kesuksesan RK-Cool membuka jalan masuknya Suzuki Rider 125 yang
langsung dari Thailand ke negara kita. Rider 125 tampangnya mirip dengan
RK-Cool 110, tapi bedanya Rider 125 mesinnya sudah 4-tak dan juga mengusung
mesin DOHC.
Rider 125 pun cukup diminati oleh konsumen pencinta speed, hal
ini menjadi cikal bakal datangnya Suzuki Raider 150 di Indonesia. Price-nya
sekitar 26 juta-an rupiah langsung dari dealer Thailand. Rider 150 merupakan
up-grade-nya Rider 125 dengan kapasitas mesin 147.33 cc. (Konon ada beberapa
sumber yang mengatakan kehadiran Rider 150 dikarenakan oleh persaingan Rider
125 dan Honda Sonic).
Pada tahun 2004 Suzuki Indonesia mendatangkan Satria FU 150
secara CBU dari Thailand. Namun FU 150 telah mengalami beberapa perubahan untuk
disesuaikan dengan kondisi bahan bakar premium. Perubahan ini mempengaruhi
performa FU 150 yang masih kalah dibanding dengan Rider 150. Selain itu ada
juga perubahan design yaitu pada: lampu depan dan belakang, lampu sein,
pelindung blok silider pada mesin dan dasbord konsole pada speedometer.
Suzuki Satria FU 150 di-launching di Indonesia pada tahun 2004 pada
pegelaran event Jakarta Motorcycle Show dengan price 16 juta-an. Sejak saat itu
respon masyarakat pun semakin hebat.
Dan Akhirnya pada tahun 2007 FU dibuat CKD oleh Suzuki
Indonesia. FU yang dirakit di Indonesian telah dilengkapi dengan e-starter.
Setelah itu pada tahun 2008, FU mengalami penyegaran pada
headlight. FU keluaran tahun 2008 sampai sekarang headlight-nya lebih besar dan
lebih futuristic.
Jadi kesimpulannya, Satira FU bukanlah turunan Satria 120.
Keduanya beda baik secara teknologi dan penampilan. Hanya saja Satria FU
mewarisi nama sang legend Satria 2-tak tersebut. (brave-bikes.blog)
Spesifikasi Suzuki Satria F150:
DIMENSI
|
||
Panjang
Keseluruhan
|
mm
|
1.945
|
Lebar
Keseluruhan
|
mm
|
652
|
Tinggi
Keseluruhan
|
mm
|
941
|
Jarak
Antara As Roda
|
mm
|
1.280
|
Jarak
Mesin ke Tanah
|
mm
|
95
|
Berat
Kendaraan
|
kg
|
95
|
Tinggi
Tempat Duduk
|
mm
|
764
|
MESIN
|
||
Jenis
|
4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara,
SACS, 4-Katup
|
|
Jumlah
Silinder
|
1 (satu)
|
|
Diameter
Silinder
|
62 mm
|
|
Langkah
Piston
|
48.8 mm
|
|
Kapasitas
Silinder
|
147.3 cc
|
|
Perbandingan
Kompresi
|
10.2 : 1
|
|
Daya
Maksimum
|
16 Ps/9.500 rpm
|
|
Torsi
Maksimum
|
1.27 Kg.m . 8.500 rpm
|
|
Karburator
|
MIKUNI BS 26 – 187
|
|
Saringan
Udara
|
Jenis Kertas
|
|
Sistem
Starter
|
Elektrik dan Kaki
|
|
Sistem
Pelumasan
|
Perendaman Oli
|
|
TRANSMISI
|
||
Kopling
|
Manual plat majemuk tipe basah
|
|
Transmisi
|
6 Percepatan
|
|
Arah
Perpindahan Gigi
|
1 Ke bawah, 5 Ke atas
|
|
Rantai
Penggerak
|
DID 428 DS, 122 mata
|
|
RANGKA
|
||
Suspensi
Depan
|
Teleskopik, pegas spiral, bantalan
oli
|
|
Suspensi
Belakang
|
Lengan ayun, pegas spiral,
bantalan oli
|
|
Sudut
Kemudi
|
45° (Kanan dan Kiri)
|
|
Radius
Putar
|
m
|
2
|
Rem
DepanRem Belakang
|
Cakram/Cakram
|
|
Ukuran
Ban Depan
|
70/90-17 38S
|
|
Ukuran
Ban Belakang
|
80/90-17 44S
|
|
SISTEM
LISTRIK
|
||
Sistem
Pengapian
|
CDI
|
|
Busi
|
NGK CR8E/ DENSO U24ESR-N
|
|
Accu
|
12 V (2,5 Ah)/10 HR
|
|
Kapasitas
:
|
||
Tangki
Bahan Bakar
|
4,9 L
|
|
Dengan
penggantian saringan oli
|
1.100 ml
|
|
Tangki
Oli Mesin
|
1000 ml
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar